Langsung ke konten utama

Daftar Kata2 SALAH KAPRAH dalam Bahasa INDONESIA




Copas Dari Kaskus nih, nemu artikel bagus : D


Gan ane mau share aja nih.....ane dikasihtau ama guru ane...katanya di indonesia itu banyak yang salah kaprah dalam pengucapan atao pengejaan kata - kata.

Jadi ane mau share nih...ternyata banyak banget lho gan kata yang salah eja dan salah ucap...tapi dianggap benar karena udah salah kaprah dari sananya...




Kata Salah : MERAH
Kata Seharusnya : BIRU


Quote:
MOHON DISIMAK INI DULU

Jika ane menyebut tentang suatu kata dalam KBBI, dan Ente tidak percaya, silahkan search sendiri kata yang berkaitan di KBBI ONLINE...

Bisa KESINI >>>>
KBBI ONLINE



Note : Di bagian bawah ada tambahan dari kaskuser harap dibuka





CEKIDOT GAN
Quote:

SEKEDAR≈≈ SEKADAR


(di lagu ayat-ayat cinta yang liriknya: "Kasih bukan sekedar cinta" mustinya sekadar)

RESIKO≈≈ RISIKO


(kalau berisiko jadinya riskan bukan reskan!!)

PAKAIANNYA SERONOK≈≈ TIDAK SERONOK
(Dalam KBBI, Seronok artinya menyenangkan hati)

PERBUATAN TIDAK SENONOH≈≈ PERBUATAN SENONOH
(Dalam KBBI, SENONOH artinya perbuatan tidak terpuji.....sering kebalik seronok ama senonok)


TAK BERGEMING≈≈BERGEMING
(Dalam KBBI, Bergeming artinya diam )

ARITMATIKA≈≈ARITMETIKA
(Tidak percaya ??? Cari di KBBI Online, Tidak ada kata "ARITMATIKA", adanya "ARITMETIKA")

CENGKEH≈≈CENGKIH
(Tidak percaya ??? Cari di KBBI Online, Search kata "CENGKEH"...memang ada yang muncul, coba klik resultnya....maka tidak ada artinya....jika search "CENGKIH" maka artinya adalah tanaman)

OBRAK-ABRIK≈≈UBRAK-ABRIK
(Tidak percaya ??? Cari di KBBI Online, Search kata "OBRAK-ABRIK"......ada hasil yang muncu.....tetapi arti di dalam hasil itu adalah "? ubrak abrik")

dokter MALPRAKTIK≈≈Dokter MALAPRAKTIK
(Tidak ada kata "MALPRAKTIK" di KBBI...yang ada hanya "MALAPRAKTIK".)

MALFUNGSI≈≈MALAFUNGSI
(Tidak ada kata "MALFUNGSI" di KBBI...yang ada hanya "MALAFUNGSI".)

FRASE≈≈FRASA
(Ada hasilnya jika search di KBBI, tetapi hanya akan membawa ke hasil "FRASA".)

MENGHEMBUSKAN≈≈MENGEMBUSKAN
(Tidak ada kata "MENGHEMBUSKAN" di KBBI.)

TEORITIS≈≈TEORETIS
(Tidak ada kata "TEORITIS" di KBBI.)

MENGHAPAL≈≈MENGHAFAL
(Tidak ada kata "MENGHAPAL" di KBBI.)

KOKOH≈≈KUKUH
(Tidak ada kata "KOKOH" di KBBI.)

EMPEK-EMPEK≈≈PEMPEK
(Dalam KBBI, "EMPEK" artinya adalah Kakek - Kakek )

KOLABORASI yang indah
(Dalam KBBI, "KOLABORASI" artinya adalah Bekerja sama dengan musuh )


RAPIH≈≈RAPI
(Dalam KBBI, tidak ada kata "RAPIH")

HURUF BESAR≈≈HURUF KAPITAL
(Tau sendiri lah maksudnya )

ARTIS≈≈SELEBRITI
(Artis dalam KBBI, artinya seniman. Selebriti artinya orang terkenal)

Naik BUSWAY≈≈Naik TRANSJAKARTA
(Kalo Naek Busway naek aspal dong )

MUSTI≈≈MESTI
(Tidak ada kata "MUSTI" di KBBI)

LEBIH KURANG SAYA MINTA MAAF≈≈KURANGNYA SAYA MINTA MAAF
(Mengapa lebihnya juga minta maaf ?? )

DULU PERNAH≈≈PERNAH
(Mengapa pakai dulu lagi kalau sudah tahu pernah ??? Contohnya dulu saya pernah jatuh. Harusnya cukup dengan saya pernah jatuh.)

GOA≈≈GUA
(Tidak ada kata "GOA" di dalam KBBI.)


BANK BCA≈≈BCA
(Mengapa pakai Bank lagi..BCA kepanjanganya Bank Central Asia.)

SAYA ABSEN≈≈SAYA TIDAK ABSEN
(ABSEN dalam KBBI artinya Tidak Hadir.)

MUSHOLA/MUSOLA≈≈MUSALA
(Dalam KBBI hanya ada kata MUSALA.)


CIDERA≈≈CEDERA
(Sering kita lihat di berita olahraga ada kata "CIDERA". Di KBBI adanya "CEDERA".)

DEBET≈≈DEBIT
(Sering saaat pelajaran akuntansi atau ekonomi ada kata "DEBET". Padhal di KBBI hanya ada "DEBIT".)

PASTUR≈≈PASTOR
(Sering sekali salah eja menjadi "PASTUR". di KBBI adanya "PASTOR".)

NAFAS≈≈NAPAS
(Sering kita mendengar bernafas, harusnya bernapas. Di KBBI tidak ada kata NAFAS.)

REALITA≈≈REALITAS
(Adakah kata "REALITA" di KBBI )

TERLANJUR≈≈TELANJUR
(Di KBBI adanya Telanjur, Tidak ada "TERLANJUR")

DIPUNGKIRI≈≈DIMUNGKIRI
(Kata dasar "MUNGKIR" bukan "PUNGKIR", cari saja di KBBI)


DIPUNGKIRI≈≈DIMUNGKIRI
(Kata dasar "MUNGKIR" bukan "PUNGKIR", cari saja di KBBI)



KELUAR MASUK gedung≈≈MASUK KELUAR gedung
(Masak keluar dulu baru masuk )

AIR MANCUR≈≈AIR MUNCRAT"]
(MUNCRAT itu dari bawah ke atas. Kalo Mancur, dari atas ke bawah...)

jahat sekali kau MENGACUHKAN aku≈≈Baik sekali kau MENGACUHKAN aku
(contohnya lirik lagu demasiv

kau membuat ku berantakan
kau membuat ku tak karuan
kau membuat ku tak berdaya
kau menolakku acuhkan diriku

ACUH ARTINYA PEDULI dalam KBBI)



 Apotik≈≈Apotek
(orang yang mengurus apotek aja namanya apoteker bukan apotiker)
AIR PUTIH≈≈AIR BENING
(KaLo air Putih berarti Susu dong Gan.... )


Bagian Ini Blogger yang Nambahin....

 Namun Demikian≈≈Walaupun Demikian

Hindari untuk tidak≈≈Janganlah
 (kalau menggunakan hindari untuk tidak berarti sama saja janganlah kuadrat dong!) 

Maka daripada itu≈≈Maka dari itu
(daripada kan digunakan untuk perbandingan antara 2 hal)

Dan sebagainya≈≈Dan lain sebagainya
(Ane juga baru tahu, sehabis melihat buku petunjuk EYD)

Siapa namanya?≈≈Siapa namamu?
(Yang ditanya, kan pihak kedua bukan pihak ketiga)

Dia adalah baik≈≈Dia baik
(Di Bahasa Inggris memang pakai To Be namun di Indonesia lain lagi)

   
 
 


 




Tambahan:
Quote:
Originally Posted by Lodom69 View Post
hipnosis---> kejadiannya. contoh. Ayah kena hipnosis

Hipnotis ---> pelaku yang menghipnosis. Contoh: Romy Rafael seorang Hipnotis.
Quote:
Originally Posted by Burrixx View Post
Kalau Steples/stepler/gejrekan/cekrekan/dll bahasa Indonesianya apaan gan?


Jawabannya : Staples
Quote:
Originally Posted by domazing View Post
Nambahin juga:

Hutang = Utang
(yg bener utang bukan hutang)

Antri = Antre
(yg bener antre bukan antri)
Quote:
Originally Posted by Lodom69 View Post
yang benar: orang itu massa-nya 60 kg.
Yang salah: Orang itu berat-nya 60 kg.
(berat itu dipengaruhi percepatan gravitasi, satuannya Newton, bukan Kilogram- Lihat buku Fisika SMP)


Cara penulisan tingkatan yang benar
- Udin juara kesatu (jika menggunakan hurup semua, ke dan satu disambung)
- Udin juara ke-1 (jika menggunakan ke dan angka latin, pake setrip)
- Udin juara I (jika menggunakan angka romawi, tidak boleh menggunakan ke, karena kalimat udin juara I dibacanya Udin juara kesatu(kalo romawi)
Quote:
Originally Posted by Riddict View Post
tambahin gan
"Waktu dan Tempat saya persilahkan"
Quote:
Originally Posted by vanguardgazer View Post
tambahin gan
Di jalan2 atau spanduk atau pigura sering tertulis
"Dirgahayu ke 46 RI"
kata dosen ane,
dirgahayu tuh artinya semoga panjang umur..
jadi cukup
"Dirgahayu Indonesiaku"


kalo pake ke 46 berarti nyumpahin panjang umurnya sampe 46 doang dong
Quote:
Originally Posted by zlavic88 View Post
Bagus gan.... ga nyangka selama ini kita salah kaprah...

tambahan Jadwal = Jadual gan...
Quote:
Originally Posted by ryoboyz View Post
Baku Tidak baku
Praktik praktek
Antre antri
apotek apotik
nasihat nasehat
risiko resiko
kalo ada pertanyaan sekitar bahasa Indo tanya ane aja, ane pengajar bahasa Indo

Komentar

  1. perlu digaris bawahi, ditebalkan, dan dicetak miringkan yang bagian KOLABORASI. Karena kita punya acara KORMA

    BalasHapus
  2. Wah KORMA? kapan jadwalnya kah?
    saya juga lagi melacak kebenaran "Makna kolaborasi" ini

    BalasHapus
  3. gatau juga hen jadwalnya mah...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seputar Informasi FTI ITB

Tura *coret* Abadi

Beberapa orang berpendapat:
Seorang berperawakan gemuk :"Tura itu yang lari - lari terus ngetok mic."
Seorang bapak berkacamata     :"Tura itu pengatur upacara, jadi sebenarnya baik tidaknya upacara tergantung dirinya."
Seorang yang mengetik entri ini: "Tura itu yang selalu berdiri di pojok altar, dan punya hak otonomi."

Huehe, apapun dan bagaimana pun orang mengernyitkan dahi ketika melihat ane lari - lari mondar - mandir altar smansa, ane tidak peduli. Meski awalnya ane agak senewen sama profesi penggerak upacara bendera yang satu ini..

"Hah, Tura? yaah..." begitulah ekspresi sedikit kecewa, kala ane tahu bakal jadi tura di Opening Smansaday 2011.

Kalo pas SMP, ane taunya tura tuh yang lari - lari muterin lapangan untuk sekadar formalitas, terus memainkan tali tiang bendera, ngetok mic, terus gabung lagi ke tempat berjejernya para petugas upacara. Ternyata kalo di smansa ga usah pake lari - lari muterin lapangan, pas upacara bendera biasa mah …

Jangan Mau Kehilangan KTM ITB

Saya memposting hal ini bukan berarti saya telah kehilangan KTM (dan mudah-mudahan tidak akan pernah). Tak usah bertanya angin apa yang membuat saya kepikiran, yang jelas saya lagi kepingin saja memposting tentang ribetnya ngurus KTM yang hilang.

Saya mengcopas informasinya dari wordpress salah satu alumni ITB, yaitu Annisa Fitri, Teknik Telekomunikasi STEI ITB 2007.

Berikut pengalamannya ketika kehilangan KTM....

Setelah terjadi peristiwa penjambretan pada gw pada 21 Februari yang lalu di Fatmawati, Jakarta, gw terpaksa mengurus kehilangan ini itu. Mulai dari surat kepolisian, blokir kartu-kartu ATM, bikin KTP lagi, bikin kartu ATM baru, dan tentu ngurus KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) hilang.

Surat kepolisian alhamdulillah cukup mudah, karena TKP lumayan dekat dengan Polres Jakarta Selatan di Blok A, jadi malam itu juga langsung dibuat. Polisi yang bertugas pun alhamdulillah baik dan ga rese, tumben.

Blokir kartu ATM juga hal yang cukup mudah, kan sekarang call centre bank online 2…