Langsung ke konten utama

Celoteh Tips Menghadapi Liburan yg Membosankan

Liburan gini cuma di rumah aja dan ga ngapa2in??? Garing pastinya bro..! apalagi kalo di rumah kerjaannya cuma bangun tidur, tidur lagi, abis bangun, makan nasi, liat hape tidur lagi….
Kenapa kita ga bangun seperti biasa, kayak pas minggu2 kita sekolah??
Abis bangun, nyiram kembang kek …(yaah shalat, mandi, gosok gigi, dan nyarap dulu tentunya)
Terus dilanjutin sama kegiatan observing rumah, udah bersih blum nih,eh  tapi liat kamar dulu deh.. abis bangun gimana tuh peraduan kita? Jangan2 kayak kapal pecah lagi. Udah diobserve, jangan cuma diliatin terus ngomel2 gajelas, bersihinlah, sapu… pel kalo mau lebih bersih lagi. Jadilah pembantu di rumah sendiri sebelum memperkerjakan pembantu, supaya kamu ga semena-mena sama pembantu (mulai nyimpang nih)

Ya, terus abis dibersihin… bingung kan mau ngapain lagi di rumah? Kalo bagi yg di rumahnya ada computer cukuplah buat maen games mengasah otak, gunain software islami buat nelaah Al-Qur’an dan hadist, boleh juga ngedengerin lagu asing buat ngelatih vokabulari dan listening,  buat memadamkan kebosanan seharian,,, apalagi kalo ada internet… wuih tinggal ketik keyword tempat2 wisata di search enginenya, lu pade bisa keliling dunia lewat dunia maya!!! Asyik gak tuh? Di saat orang jalan2 jauh ngabisin duit plus tenaga, lu cuma butuh kursi sama tagihan internet via telepon sebulan yg ga nyampe jutaaan, bisa ke tempat mana aja yang lu mau, bisa melototin tuh tempat (pake google image, kaskus,  dsb.) seharian, bisa fudulin tempat mana aja TANPA BIAYA SEPESERPUN, fantastis kan? Boleh juga sambil baca2 jutaan artikel bagus plus bermanfaat yang lu bisa serap maknanya dalem2. Makin berilmu dan punya bekel buat KBM pas masuk sekolah deh.  


Nah bagi yg di rumahnya ga kenal sama kompi2an apalagi internet, ga usah kecil hati.. lu bisa kok pergi keluar bareng2 konco2 yang senasib, maen layang2 atau futsal kek, maen ke tempat yg belum lu datengi kek, nyasar aja biar seru, makin banyak lu dkk nemuin tempat baru, semakin banyak hal baru, wajah baru, dan pengalaman unik baru yang bakal lu dapetin. Ingat, pengalaman itu adalah guru yang paling berharga!!

Dan ane sadar, ada diantara lu yang termasuk anak rumahan, yg antipati atau nyaris tidak kenal sama tetangga sendiri, mungkin kenal namun tidak akrab, atau akrab tapi ga bisa diajak main dgn alas an berbagai rupa, nah kalo gitu mah lu terpaksa deh main sendiri. Tak perlu risau, walau ga punya temen yg bisa diajak main di komplek plus ga punya kompi, lu bisa mutusin untuk ngelakuin hal2 unik lain seperti:

Kalo ga bisa ke mana2>

~Nonton acara2 TV yang bermanfaat, terus poin2 hikmahnya lu kumpulin di sebuah note kecil,  Lakukan hal itu tiap hari sehingga note luh itu bakal jadi catatan jurnal yang amat berguna, bukan cuma buat lu tapi buat orang2 disekitar lu
~Nonton film DVD (masak ga punya DVD player sih) berbahasa inggris, pake subtitlenya jangan INDONESIA!!! Tapi English aja, kan bagus tuh buat nambah vokabulari dan ngelatih transkripsi n pelafalan bahasa inggris. Jangan males2 buka kamus (supaya ga modal apal dialog tapi ga ngerti maksudnya). Abis liburan lu bakal mahir berbicara bahasa Inggris deh, dan bisa dapet nilai 9 tuk mapel Inggris di rapot XD


~Baca Al – Qur’an sekaligus terjemahannya dijamin bakal asyik deh, dari Al-Qur’an tuh lu bakal ngedapetin banyak manfaat dan ilmu pengetahuan. Cerita2 di Al-Qur’annya juga keren2, dan semua ceritanya itu mengandung segudang hikmah yang pasti akan buat lu kagum dan hanyut saat membacanya. Abis selesai baca, kaji diri deh, masih ada ga anjuran dan nilai2 dalam ayat Al-Qur’an yg lu baca, yang sampe saat ini belum lu kerjakan, atau lu tinggalkan? Kalo ada buru2 deh robah diri, kembali sama jalan yg lurus.

~Belajar sebelum diajarkan, ini teknik bagus supaya kita ga planga – plongo pas guru ngajar, apalagi kalo tuh guru KILLER dan berdarah dingin sama murid yang ga cepet nangkep materi yang disampaikannya, biasanya nih tipe guru yang supeeer sibuk sehingga materinya itu dikirim lewat paket kilat khusus. Mengerti atau Mati?
Makanya pas liburan hampa gini, buka2 deh buku kelas 2 (bagi yg naik ke kelas tsb.) terus pahami materi2nya, kalo ga paham BACA LAGI! Biasanya ga paham karena mata belum mentransimisikan maksudnya ke otak, insyaAlloh kalo kita ga mudah menyerah untuk mempelajari materi sulit tsb, pasti lama2 kita akan mahir. Mencuri start pas libur emang ide terbaik supaya kita ga ketinggalan, MANFAATKANLAH!

~Berburu Hobi Baru, kalo selama ini hobi lu Cuma ngobrol, makan, tidur, makan tidur dst.
Kini pas waktu lu bosan setengah mati, lu bisa cari kegiatan baru yg ga pernah lu lakuin secara rutin sebelumnya, misalnya: bikin puisi kek, gambar manga kek, nyanyi kek, nanem kembang kek, dan hal2 yg ane yakin bakal jadi spam kalo ditulis di sini!

Kalo bisa ke mana2>

~Berenang adalah ide terbaik kalo lu ingin tinggilu nambah, minimal 2 cm,
ga bisa berenang? Yaudah pilih kolam berenang yang kurang dari 2 m, kalo kelelep siapa juga yg mau nolong, kecuali berenangnya sama temen. Risiko badan ‘menghitam’ pasti tinggi, tapi itu nandain kalo melanosit lu normal, alah banyak kok orang yg jarang berenang, tapi yg namanya item mah item aja, Nasib!

~Ikut Majelis Taklim adalah pilihan terbaik, daripada bengong di rumah terus mikirin hal2 aneh dan ujung2nya dosa. Mending ikut MT, supaya dapet pencerahan untuk membekali diri di dunia maupun di akhirat, dan dzikir bareng tuh paling spektakuler, biasanya kalo sendiri ini suka males, kalo bareng2 gini kan Why Not?

~ ngebolang aja, tapi ngebolangnya jangan sering2 naik angkutan umum… jalan kaki kek, kalo jalan kaki akan lebih terasa tastenya, kita akan lebih banyak menemukan hal2 kecil dan unik selama perjalanan kita. Tapi denger2 banyak jalan kaki itu bisa bikin kakinya gede, gatau juga deh XD, kalo males jalan, naik motor aja (kalo ga punya/ ga bisa ga usah maksa) boleh juga naik sepeda, dan paling enak itu kalo iring2an sama temen. Tapi kalo sendiri juga tetep asyik kok, bisa sekalian ngambil foto2 buat latihan potografi, asal gimana kreatifnya kita aja menikmati perjalanan.



Hmm mungkin itu saja sugesti ane sama kalian2 yg senasib sama ane (ketauan curcol haha)
Sekian dan terima kasih

Komentar

  1. aaaa berat banget tipsnya hen, pake ada belajar segala uuu, lagian kan belum tau buku yg dipakenya apaan, gabisa beli dulu

    BalasHapus
  2. nah makanya beli aja buku soal kelas 1, 2, 3 dan pembahasan
    banyak kok di gramed haha
    lagian buku eksak mah ga akan jauh2 amat bedanya

    BalasHapus

Posting Komentar

Pos populer dari blog ini

Seputar Informasi FTI ITB

Tura *coret* Abadi

Beberapa orang berpendapat:
Seorang berperawakan gemuk :"Tura itu yang lari - lari terus ngetok mic."
Seorang bapak berkacamata     :"Tura itu pengatur upacara, jadi sebenarnya baik tidaknya upacara tergantung dirinya."
Seorang yang mengetik entri ini: "Tura itu yang selalu berdiri di pojok altar, dan punya hak otonomi."

Huehe, apapun dan bagaimana pun orang mengernyitkan dahi ketika melihat ane lari - lari mondar - mandir altar smansa, ane tidak peduli. Meski awalnya ane agak senewen sama profesi penggerak upacara bendera yang satu ini..

"Hah, Tura? yaah..." begitulah ekspresi sedikit kecewa, kala ane tahu bakal jadi tura di Opening Smansaday 2011.

Kalo pas SMP, ane taunya tura tuh yang lari - lari muterin lapangan untuk sekadar formalitas, terus memainkan tali tiang bendera, ngetok mic, terus gabung lagi ke tempat berjejernya para petugas upacara. Ternyata kalo di smansa ga usah pake lari - lari muterin lapangan, pas upacara bendera biasa mah …

Jangan Mau Kehilangan KTM ITB

Saya memposting hal ini bukan berarti saya telah kehilangan KTM (dan mudah-mudahan tidak akan pernah). Tak usah bertanya angin apa yang membuat saya kepikiran, yang jelas saya lagi kepingin saja memposting tentang ribetnya ngurus KTM yang hilang.

Saya mengcopas informasinya dari wordpress salah satu alumni ITB, yaitu Annisa Fitri, Teknik Telekomunikasi STEI ITB 2007.

Berikut pengalamannya ketika kehilangan KTM....

Setelah terjadi peristiwa penjambretan pada gw pada 21 Februari yang lalu di Fatmawati, Jakarta, gw terpaksa mengurus kehilangan ini itu. Mulai dari surat kepolisian, blokir kartu-kartu ATM, bikin KTP lagi, bikin kartu ATM baru, dan tentu ngurus KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) hilang.

Surat kepolisian alhamdulillah cukup mudah, karena TKP lumayan dekat dengan Polres Jakarta Selatan di Blok A, jadi malam itu juga langsung dibuat. Polisi yang bertugas pun alhamdulillah baik dan ga rese, tumben.

Blokir kartu ATM juga hal yang cukup mudah, kan sekarang call centre bank online 2…