Info Unik Nyelip Pas Bimbel


Kadang ada bagusnya guru itu ga cuma ngajar materi sebuah mapel to, tapi jg harus nyisipin beberapa guyonan dan info menarik di sela – sela kegiatan mengajarnya, so pasti biar muridnya ga ngantuk. Post  ini ane ketik saat ingetan ane masih hangat mengenai ‘sesuatu banget’ yang terselip saat bimbel tadi sore.

Mapel bimbelnya adalah Bahasa Inggris, mulanya guru les ane memberitahukan bahwa Indonesia tuh hanya mempelajari 12 tenses English, padahal sejatinya ada 16 tenses jikalau kita bener2 mau nurutin grammarnya British English, tapi toh Indonesia cukup rempong dengan empat tenses sisanya yang berjuluk “Past Future tense”. Nah loh? Ini jadinya bentuk waktu lampau atau masa depan? Kok bisa dicampuraduk kayak gitu? Tau ah gelap. Akhirnya empat tenses yang memiliki inti dasar waktu lampau di masa depan itu pun ditendang ke ranah subjunctive, bukan ranah tensesnya Indonesia.

Terus guru ane bilang, seandainya Indonesia ngikutin Amrik, jadinya kita cuma belajar dua tenses saja. Past simple and Present simple. Pertanyaannya, kalo mau ngomongin masa depan kudu kumaha? Yah tinggal tambahin will aja di present simpel, simpel bukan? Kenapa Indonesia kudu ngikutin British? Kalo itu guru ane ga bisa jawab, emang udah dari sononya kebiasaan orang Indonesia suka yang banyak2. Liat aja mapel pas SMA yg jumlahnya lebih dari 15 buah, udah cukup jadi bukti.

Terus yang ‘sesuatu banget’ pas guru ane nanya ke murid didikannya.

 “Kenapa Past Perfect Continuous itu makenya Ving, bukan V3?

Melihat gada murid yang ngangguk (lawannya geleng apa dong?), guru ane buka rahasia kalo orang Inggris tuh sukanya yang “The last-the last.” Kalo disuruh milih pensil atau permen mint, pasti milihnya permen mint (Yaiyalah). Tapi mungkin aja milihnya jadi pensil kalau pensil itu jadi pilihan terakhir, hehe. Nah, kan namanya aja Present perfect continuous, karena kata continuousnya ditaruh paling terakhir, jadi pakenya Verb ing.

Contoh:
     I have been living in Bogor bukan I having lived in Bogor 

Bukti lain orang inggris suka fokus sama yang “The last-the last”
    Either the students or the teacher (to be) ....

Kalo dalam kurungnya diganti jadinya....
      Either the students or the teacher is .....

Coba kalo abis or itu the students, pasti to be nya itu are

Kemudian guru ane mengulas tentang slogan M*D, sebuah restoran fast food asuhan Amrik.

“Coba kalian perhatikan,  kenapa M*D masang slogan ‘ I am always loving it’ ? Padahal love itu merupakan kata kerja perspektif yang ga bisa diubah dalam bentuk continuous.”

“Karena itu Amrik.” 

“Ya itu salah satu alasannya, tapi denger-denger slogan itu jg salah satu strategi ekonominya M*D supaya khalayak inget terus sama slogan yang salah grammar itu, orang kan demen merhatiin hal yang aneh-aneh atau diluar aturan.”

Oke,  itu  ‘sesuatu’ dan patut diacungi jempol, tapi ane janji kalo udah besar ane ga akan masang tulisan alay (melanggar aturan EYD) di perusahaan / iklan hanya demi bela-belain iklan ane diinget sama orang.

_Sekian_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bermalam Ala Gelandangan di Ibukota

Pantun Memantun Bersama Nabila

Jangan Mau Kehilangan KTM ITB