Balada Gaya Gesek

Kemarin saya ikut Bimbel pelajaran Fisika mengenai mekanika gaya.
Di situ terselip pelajaran bahwa gaya gesek yang bikin ban gundul dan kaki lecet pun ternyata ada untuk memberi manfaat yang besar bagi aktivitas manusia.

Tanpa Gaya Gesek:
~Mobil justru tidak akan berjalan, asumsikan sebuah trek licin dalam keadaan steril dari gaya gesek. Coba bayangkan, jika trek itu licin maka mobil akan selip atau lebih parah lagi roda mobil hanya berputar di tempat. Mengapa? Karena tidak ada gaya gesek yang membuat roda mobil 'tercengkeram' oleh aspal jalan sehingga roda tidak dapat berpindah tempat.

~Kita akan  jatuh karena kaki tidak dapat menapak pada lantai, bahkan jika terpeleset kita akan terus berseluncur karena tidak adanya gaya gesek.


Kemudian, saya juga menemukan fakta unik mengenai rumus gaya gesek.
Di dunia ini ada dua tipe gaya gesek, statis dan dinamis. Untuk mencarinya dibutuhkan koefisien dari kedua gaya gesek itu.

Untuk gaya dinamis persamaannya adalah sbb,


fd =      Koefisien dinamis x gaya normal          

akan tetapi untuk gaya gesek statis, 
f<=  Koefisien statis x gaya normal

Jika anda jeli, untuk formula gaya gesek statis tidak menggunakan 'sama dengan' saja, melainkan  'tidak lebih dari'

guru les saya mengatakan, 
"Akan menjadi mengerikan jika gaya gesek statis memakai rumus 'sama dengan' , karena apabila kita mendorong kulkas berat yang diam dengan besar gaya yang kurang dari berat kulkas itu, maka kulkas itu akan mendorong balik kita dengan gaya seberat dirinya.Jadi yang benar adalah, jika kita memberi aksi seberat sekian newton yang kurang dari berat kulkas, maka kulkas itu akan memberi reaksi dengan besar gaya yang sama"

Kira-kira seperti itu, cerita keren mengenai gaya gesek yang saya dapatkan saat les


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bermalam Ala Gelandangan di Ibukota

Pantun Memantun Bersama Nabila

Jangan Mau Kehilangan KTM ITB