Sedikit Etiket Ketika Chat di Facebook dan Semacamnya

1. Pertama, biasakan ucapkan salam terlebih dahulu. 
Sedikit banyak ucapan salam ini  akan membuat  si lawan bicara merasa lebih dihargai atau paling tidak kita bisa ngecek dia sudah off atau belum (dengan dia menjawab atau tidak). Kan ga enak kita udah capek2 ngomong banyak atau nyapa, jawabannya cuma tanda offline.

2. Kalau ingin mengobrol panjang, tanyakan apakah dia sedang sibuk atau tidak.
Biasanya ada aja orang yang sedang punya tugas paper segudang, tetapi dengan kebesaran hatinya ia tetap melayani orang untuk mengobrol. Nah, untuk jaga-jaga supaya kita ga jadi 'pengganggu', ada baiknya kita tanya dulu mengenai kesibukannya.

3.  Mulailah obrolan dengan sedikit basa-basi yang wajar.
Mengapa harus wajar? Supaya gada perasaan ilfil di antara kedua belah pihak atau muncul anggapan yang engga-engga. Mengapa harus basa-basi? Kalo to the point biasanya orang kurang greget buat nanggepin kita. Lain halnya apabila kita ngobrolin yg dia senengin, terus mengalihkan ke maksud inti pembicaraan kita sebenarnya.


4. Jangan menggunakan tulisan alay maupun bahasa planet yang tidak semua orang mengerti maksudnya
Orang akan kesal sendiri kalau harus translate satu- satu tulisan ataupun bahasa aneh yang kita gunakan. Ujung-ujungnya hanya jawaban "Hah?" , "Maksud?" , "Apaseh" yang terlontar dari si lawan bicara dan pembicaraan menjadi tidak nyaman lagi.


5. Jika ingin meninggalkan obrolan sebentar, gunakan kode BRB (Be Right Back / Segera akan kembali) , atau minimal memberitahu terlebih dahulu.
Yah kasian aja kalo dia nanya, terus ga kita jawab-jawab karena kita gatau kalo dia nanya, padahal mah kita lagi ke belakang sebentar.


6.  Jika ingin off, beritahu lawan bicaramu.
Alasannya khawatir kalau si dia di ujung sana masih ingin melanjutkan pembicaraan lebih jauh, tetapi malah jadi ngerasa diharkosin karena tiba-tiba kita off tanpa heh, engga, hoh engga.


7. Sisipkan emoticon, kata "Hahaha", dan semisalnya jika ingin bercanda atau jika suasana memungkinkan lawan bicara untuk tersinggung, merasa khawatir, merasa kaku, dsb.
Ada aja orang yang perasaannya rapuh banget, diem sedikit dikira marah, lama jawab sedikit dikira males melanjutkan obrolan. Nah, supaya obrolan menjadi hangat dan gada prasangka kayak gitu, ada baiknya disisipkan humor sedikit atau paling engga emoticon senyum.


8. Balas pertanyaan dari lawan bicara dengan sepantasnya.
Jawaban satu kata saja akan mengindikasikan kalau kita tuh orang yang males banget buat nanggepin pertanyaan atau pernyataan orang. Orang akan merasa dihargai kalau kita menjawab dengan jawaban yang tepat sasaran, efisien, sekaligus beres.


9. Jika sedang tidak ingin mengobrol, tolaklah dengan halus, jangan didiamkan.
Kesannya kita jadi sok penting banget kalo nolak buat ngobrol  cuma pake tanda offline aja, tetapi juga jangan serta merta menolak dengan kasar. Bisa kan kalo kita bilang lagi banyak tugas, lagi ga fokus ke FB, atau lagi ngerjain sesuatu di internet. Pinter-pinter aja kita ngeles wkwk.


   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bermalam Ala Gelandangan di Ibukota

Pantun Memantun Bersama Nabila

Jangan Mau Kehilangan KTM ITB