Bergerak di Arus Gelombang

Jika dunia adalah perihal keniscayaan, bahwa yang dikejar dengan usaha keras pasti akan diraih, maka semua orang pasti tidak akan pernah berhenti bergerak, karena setiap usaha yang mereka lakukan walau hanya bergeser 5 cm, akan langsung terlihat dampaknya.

Realitanya dunia ini adalah tempat para manusia diuji. Semisal walau dijanjikan setiap manusia memiliki pasangannya, harus tetap gigih mencari jodoh yang dijanjikan itu. Kadang seseorang tak sampai pada umurnya, ada pula yang baru menikah pada usia senjanya, ada juga yang berjodoh namun tak memiliki keturunan. Adalah misteri, yang menjadi tanda tanya besar setiap insan, bagaimana usaha yang memberi hasil itu? Karena kita tahu tak semua orang bisa mencapai mimpinya.

Tapi, di mana letak iman dan ikhlas? Kalau percaya pada kuasa-Nya sudah tak mampu. Bukan, bukan tidak percaya perihal kuasa-Nya, tetapi diri inilah yang terlanjur malu untuk berharap, tak yakin bahwa doa dari seorang yang tersesat akan diijabah.

Keadaan memang tak selalu mendukung. Tinta masa lalu yang kelam telah lama mengering, Namun apa gunanya tergenang dalam penyesalan yang stagnan, toh hidup sejatinya adalah sebuah arus gelombang yang terus bergerak. Suka atau tidak suka inilah takdir sebagai manusia untuk terus berjuang, tinta sejarah akan terus tertorehkan setiap harinya. Walau sudah telanjur hancur, seperti tak ada harapan di pagi hari, atau juga tak elok rasanya berharap untuk diberi kesempatan kedua, manusia tetap harus bergerak, bergerak, dan bergerak. Karena memilih bergerak atau tidak hari penghakiman akan tetap datang, dan mereka yang merugi adalah mereka yang berhenti bereksplorasi dan tidak mencoba lebih banyak hal untuk menjemput takdirnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bermalam Ala Gelandangan di Ibukota

Pantun Memantun Bersama Nabila

Jangan Mau Kehilangan KTM ITB