Langsung ke konten utama

Smansa Give Me New Words

Awal masuk Smansa sampe saat ini, saya telah melewati berbagai macam percakapan. Saking larutnya saya bergaul dalam hiruk pikuk bincang-bincang warga SMANSA, sedikit demi sedikit saya menyerap aneka kata-kata baru dan menyimpannya dalam brankas otak. Awalnya saya hanya mendengar, orang berkata apa, saya hanya bisa ber"TANDA TANYA BESAR", apa arti kata2 yang saya anggap asing tersebut... lambat laun takdir pun membuat saya mengerti. Sekadar berbagi, inilah kata2 baru yang saya peroleh di SMANSA:


Fudul
Wot is fudul? kata2 ini kali pertama saya dengar dari panitia SS, ketika saya mencoba mendengar apa   yang mereka perbincangkan selagi anak2 CCASS makan siang sesudah melakukan Rappeling...
Saya: (dengan rasa penasaran saya membuka telinga lebar2 seraya berjalan mendekati kerumunan panitia dan menyimak apa yang panitia diskusikan)
Salah seorang panitia: Ih apaan sih, kamu fudul ge!!
Saya: ????&*^%@


Saat itu saya masih ber"TANDA TANYA BESAR",  tak tahu menahu apa yang dimaksud fudul sebenarnya, karena gengsi yang bejibun di dada, saya hanya membalas ucapan panitia dengan kata "Ngga" dan mencoba mencari informasi what is the meaning of fudul di lain hari..


Akhirnya setelah penantian panjang, Safira memberi tahu saya bahwa Fudul itu artinya want to know something (saya agak lupa Ikbal atau Safira yg ngasih tau)
Contoh penggunaan kata fudul dalam kalimat:
~D*i**n (teman sebangku saat ini) terkadang suka fudul banget mengenai rahasia tentang saya
~Dengan fudul orang bisa memahami orang lain (iya gak sih?)


Menel
apa itu menel???, kata itu mengumbar luas terbang hanyut mengharu biru (lebaay^^^) di kelas X lima tak lama setelah *a**r* bergaya bicara agak "ganjen"  kala bercakap2 dengan anak2 cowok di X lima, sampe sampe dia dijuluki The Menels saking bernadanya suara yang keluar dari mulutnya (ga ngerti yaa? alah ga usah dibahas).. intinya,  saya dapat nyimpulin kalo Menel itu adalah perilaku yang agak kecentil-centilan dan bermaksud menarik perhatian kepada orang yang disukainya atau yang disenanginya.


Jujur saya sempet kaget awal mula ngedenger kata ini, terkejut, masak cewek jaman sekarang dianggap kayak hewan?, kalo dalam bahasa Sunda kan Menel artinya anak kuda??? dan pas tau arti sebenarnya (atau lebih tepatnya arti secara SMANSAnya)... saya hanya bisa kagum sama kekayaan Bahasa Indonesia yang kian berlimpah...


Satu lagi yang baru saya ketahui tentang Menel, Menel itu bukan buat cewek aja , bisa juga buat cowok (penting yaa?)


Contoh penggunaan kata Menel dalam kalimat:
~Dilarang Menel sama orang yang Berwibawa :D

Rempong
katanya sih ini kata asli buatan Tika, sering banget dia ucapin saat ngerjain tugas yang ngejelimet, berikut dengan jadwal - jadwal sibuk SMANSA yang silih tumpang tindih, kata-kata itu lantas sering terlontar kala Tika mengeluhkan kecapekannya, Tika menjelaskan bahwa rempong berarti riweuh, namun saya lebih setuju kalo rempong diartikan sebagai repot saja, karena mudah diingat dan kata repot itu sendiri hampir cocok dengan konteks kata yang berhubungan dengan tugas segunung, masalah dan sebagainya.


Contoh penggunaan kata Rempong dalam kalimat:
~Belajar SKS Matematika sekaligus Biologi dalam satu hari itu bikin rempong banget.

Jamping
si eki sering banget ngeledekin fhilipo pake kata ini, katanya mah si fhilipo kepingin bikin ekskul motor jamping kalo dia jadi MPK'er di SMANSA, fiuh untung dia gajadi pengurus yaa... ga kebayang bakal dicap apa sekolah ini kalau ada ekskul moge-mogean

Apa Banget
kata ini terlontar dari ananda Nabilah Amany saat gua ngabojeg di depan dirinya...
mulanya gua kirain itu pujian, taunya malah ekspresi kebingungan ckck -___-'''

Beabaceocode... BACOT!!!
ini kata sakti banget buat ngelakban mulut orang yang banyak omong, mulanya gua tau  kata ini dari percakapan antara Satriya dengan Japer serta Abud,,, Rasanya bikin naik pitam kalo kita udah capek2 ngerangkai kata buat ngelucu tapi balesannya cuma kata ini !!! BACOT!

Sakali Pan
Biasanya kalo orang budeg suka susah dikasih informasi, istilahnya perlu dua kali nyebutlah buat transfer ke telinga si ceuli karipik ini... Nah... bagi mereka yang ga terima dianggap ceuli karipik atau rempeyek udah nyiapin kata sakti buat nanggepin omongan berlipat kita, yaitu...
                                                       ~Sakali Pan~
Kalo ga salah kata ini kali pertama saya denger dari Dwiyan...

O Iya Siah
Cenah mah kata - kata ini dilahirkan dari XI IPA 2 angkatan Meriam Baja (gatau ya bener apa ngganya, silakan protes kalo Anda pencipta sebenarnya). Senjata ampuh yang memiliki fungsi hampir serupa sama kata Beabaceocode... BACOT!!! Yakni untuk menanggapi orang yang hobi banget ngebojeg garing, atau ngomong panjang gada ujungnya. Jangan sering – sering menggunakannya karena orang kadang bakal tersinggung karena menyadari omongannya tidak dihargai ketika kita melontarkan kata – kata ini. Cmiiw


Tambahan dari Komentator,

dari Jenny:

Di Poke
kata Jenny artinya itu dicolek, kayaknya kata ini cocok banget sama cowok menel yang tangannya gatel banget sama cewek

Komentar

  1. aaa ...a..aa wth????!!!!! щ(ºДºщ) gw g pernah bilang gtuu!! "Ikbal pun pernah mengungkapkan bahwa ia kesal kalo ketemu sama kakak kelas yang suka fudul tentang dirinya" mohon di klarifikasi (⌣́_⌣̀) hahaha

    BalasHapus
  2. wahahahahaha . like this laah :D

    BalasHapus
  3. hen, sekarang udah ada di-poke alias dicolek hahaha :D

    BalasHapus
  4. fudul itu kalo ga salah dari SMA 2, makanya ga saya masukin di post saya yang baru itu

    BalasHapus
  5. Tetapi tetap saja, Smansa yang telah membuat saya mengenal kata 'fudul'. Judulnya juga 'Smansa Give New Words' bukan 'Kosakata dari Smansa' hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Pos populer dari blog ini

Seputar Informasi FTI ITB

Tura *coret* Abadi

Beberapa orang berpendapat:
Seorang berperawakan gemuk :"Tura itu yang lari - lari terus ngetok mic."
Seorang bapak berkacamata     :"Tura itu pengatur upacara, jadi sebenarnya baik tidaknya upacara tergantung dirinya."
Seorang yang mengetik entri ini: "Tura itu yang selalu berdiri di pojok altar, dan punya hak otonomi."

Huehe, apapun dan bagaimana pun orang mengernyitkan dahi ketika melihat ane lari - lari mondar - mandir altar smansa, ane tidak peduli. Meski awalnya ane agak senewen sama profesi penggerak upacara bendera yang satu ini..

"Hah, Tura? yaah..." begitulah ekspresi sedikit kecewa, kala ane tahu bakal jadi tura di Opening Smansaday 2011.

Kalo pas SMP, ane taunya tura tuh yang lari - lari muterin lapangan untuk sekadar formalitas, terus memainkan tali tiang bendera, ngetok mic, terus gabung lagi ke tempat berjejernya para petugas upacara. Ternyata kalo di smansa ga usah pake lari - lari muterin lapangan, pas upacara bendera biasa mah …

Jangan Mau Kehilangan KTM ITB

Saya memposting hal ini bukan berarti saya telah kehilangan KTM (dan mudah-mudahan tidak akan pernah). Tak usah bertanya angin apa yang membuat saya kepikiran, yang jelas saya lagi kepingin saja memposting tentang ribetnya ngurus KTM yang hilang.

Saya mengcopas informasinya dari wordpress salah satu alumni ITB, yaitu Annisa Fitri, Teknik Telekomunikasi STEI ITB 2007.

Berikut pengalamannya ketika kehilangan KTM....

Setelah terjadi peristiwa penjambretan pada gw pada 21 Februari yang lalu di Fatmawati, Jakarta, gw terpaksa mengurus kehilangan ini itu. Mulai dari surat kepolisian, blokir kartu-kartu ATM, bikin KTP lagi, bikin kartu ATM baru, dan tentu ngurus KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) hilang.

Surat kepolisian alhamdulillah cukup mudah, karena TKP lumayan dekat dengan Polres Jakarta Selatan di Blok A, jadi malam itu juga langsung dibuat. Polisi yang bertugas pun alhamdulillah baik dan ga rese, tumben.

Blokir kartu ATM juga hal yang cukup mudah, kan sekarang call centre bank online 2…