Langsung ke konten utama

Ringkasan NMGBC 2012: Keberuntungan Mengejutkan

Introduksi: 
NMGBC (National Medical & General Biology Competition) adalah lomba yg diadain FKUI


Usaha awal, untuk daftar ke lomba tersebut kudu bayar pake duit sendiri dulu (175.000 O_o")
,surat disposisi turun, sekolah pun ngebayarin 

Saya belajar sekenanya bahkan seenaknya, soalnya emang udah pasrah ga ngerti pelajaran kedokteran. Ivan nyaranin baca Tortora, tetapi berhubung pake bahasa Inggris saya jadi males. Akhirnya persiapan saya mengikuti lomba bener - bener minim.

Hari Pertama, cuma seminar dan perkenalan lomba. Kena omel Bu Mimi karena lambat banget berangkat ke Salemba(pake alasan ini itu) padahal hari mendekati sore, Malu kan tiba terlambat? 

Hari Kedua, babak penyisihan, masuk ruang Basidiomycota kalo engga salah,Soal terdiri dari Biologi Umum, dan Kedokteran. Kedokterannya banyak materi aneh dan baru. Speechles karena susah ngejawab, kayaknya ga bakal masuk 60 besar dari 200 orang

Hari Ketiga, pengumuman yg lolos ke semifinal, alhamdulillah peringkat ke-27. Pertama ikut babak anatomi,disuruh ngeraba bagian tulang mayat yang disebut Hadaver. Banyak yang ga tau, dan cuma nembak-nembak aja. Lalu, babak teng-teng, jijik banget liat gambar penyakit di bagian alat vital. Ini juga banyak yang ngasal, babak terakhir semifinal QUESTION MARKET. Kita cuma dikasih uang bio lima lembar, dan musti beli soal di tiga toko: sulit, sedang, mudah. Mayoritas uangnya saya pake buat beli soal sulit ,mengingat laba dan peluang yg lebih besar, dan cuma beli 1 soal sedang dan 2 soal mudah.Saya lagi-lagi ngejawabnya dengan nembak, b atau d, dan juga pake feeling.

Hasil Unpredictable : masuk final! Dan yang bikin saya ngalahin peringkat keenam adalah nilai 
Question Market yang tidak terbatas, bisa sampe 100.000 :) saya dapet poin 60.000


Ivan yang persiapannya udah besar banget malah ga lolos, itulah takdir Alloh
saya yakin Ivan akan dapet jauh yang lebih besar daripada masuk final NMGBC ini
mungkin lolos pelatnas tahap 3

Karena gada persiapan, shock berat ga nyangka masuk final, pingin ngundurin diri ga boleh. 
Akhirnya pas babak presentasi ancur abis, ngomongnya terbata2, sedikit- sedikit, dan ga bisa jawab pertanyaan pancingan dari juri.

Babak cepat tepat cuma jawab 3 soal, satu salah (lagi-lagi  ngasal jawabnya) , satu soal babak biasa benar, dan babak bertingkat dapet 300 poin bener juga, 

Pas babak tawar nilai, cuma berani naruhin skor minimal : 100, malu banget nyali cemen, kecil sendiri
Tapi beruntungnya bisa dapet juara 3 NMGBC karena peserta yang tadinya di peringkat 3 naruhin nilai sebanyak 300 dan dia ga bisa jawab karena ga denger soalnya.

Lega bisa bawa piala meski cuma juara 3 buat smansa

Tapi abis lomba beberapa hari kemudian fudul dan nyadar, yang juara 4 itu ternyata lolos pelatnas tahap 3 dan disiapkan tanding buat IBO 2012 di Singapura *pingsan

Dan juara 1 nya sama kayak juara 4 lolos pelatnas tiga juga, dan juara 2 nya adalah the absolute winner OSN Bio 2011

What a lucky day!
Beruntung banget gua dikasih kesempatan  jadi finalis bareng dewa - dewi biologi itu.


sekarang yang juara 5 nya jadi peserta OSN 2012, dan saya sebagai juara 3 malah ga lolos OSP buat ikut OSN :’(   tapi gua nyadar diri sih, ngerjain soal OSP jg banyak nebaknya, yakali hoki lagi 

Dan Ivan akhirnya dapat pengganti, lolos ke OSN :)

Ya, mungkin masa - masa berikutnya saya akan mendapat kejutan dan hadiah yang lebih besar dibandingkan cuma sekedar bisa ikut OSN SMA 2012, siapa tahu




NB : Rencananya mau bikin postingan lebih lengkap daripada ini, terlalu banyak hal yang unik dan sayang bila tidak diceritakan.

Komentar

  1. baru baca, ga ngabar2in nih, congratulation :) "When One Door Closes Another Door Opens"

    BalasHapus
  2. Setuju banget Bal sama statement itu, tiap gagal di langkah ke-999, yakinlah bahwa mungkin titik suksesnya ada di langkah ke-1000.
    Thx yo hehe

    BalasHapus
  3. kak, saran dong, selama ikut nmgbc yang keluar itu materi nya apa aja kak?materi sekolah, olimpiade atau apa kak?makasihh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seputar Informasi FTI ITB

Tura *coret* Abadi

Beberapa orang berpendapat:
Seorang berperawakan gemuk :"Tura itu yang lari - lari terus ngetok mic."
Seorang bapak berkacamata     :"Tura itu pengatur upacara, jadi sebenarnya baik tidaknya upacara tergantung dirinya."
Seorang yang mengetik entri ini: "Tura itu yang selalu berdiri di pojok altar, dan punya hak otonomi."

Huehe, apapun dan bagaimana pun orang mengernyitkan dahi ketika melihat ane lari - lari mondar - mandir altar smansa, ane tidak peduli. Meski awalnya ane agak senewen sama profesi penggerak upacara bendera yang satu ini..

"Hah, Tura? yaah..." begitulah ekspresi sedikit kecewa, kala ane tahu bakal jadi tura di Opening Smansaday 2011.

Kalo pas SMP, ane taunya tura tuh yang lari - lari muterin lapangan untuk sekadar formalitas, terus memainkan tali tiang bendera, ngetok mic, terus gabung lagi ke tempat berjejernya para petugas upacara. Ternyata kalo di smansa ga usah pake lari - lari muterin lapangan, pas upacara bendera biasa mah …

Give Up For "Gusi Bengkak"

Anda pernah mengalami ini?
,,,

,,,


Ya, hari ini gua mengalaminya, gusi bengkak mungkin tidak semengerikan tumor dan kanker (naudzubillahimindzalik) , tetapi rasanya sehari bagai neraka kalau keadaan itu terus berlangsung di saat perut kita sudah mulai kelaparan. Loh apa hubungannya?  Jelas saja ada kaitannya, mau gebetan lu ngebeliin kue paling enak sedunia kek kalo gusi di belakang geraham lu bengkak pasti rasanya sama saja, sama tersiksanya, cenah peribahasa mah air diminum rasa duri, nasi dimakan rasa sekam . Ngunyah dikit, mata kejep kejep karena jendolan janggal yang ikut tergigit menyebabkan rasa sakit yang sangat menganggu kenikmatan makan kita.
Ini bukan kali pertama gua mengalaminya, setahun yang lalu pernah juga dan penyebabnya itu ga jauh - jauh dari yang namanya panas dalam. Sepertinya gusi bengkak yang gua alami hari ini disebabkan abis sarapan gua ga  minum dulu, tetapi malah langsung pergi ke sekolah, udah mah lauknya ikan cabai, udah gitu kemarin abis makan yang pede…